1. Jelaskan yang
dimaksud dengan model rencana strategis dalam membangun usaha! Berikan contoh
pada pengusaha dan perusahaan yang saudara pilih!
2. Jelaskan
Implementasi dari rencana strategis! Berikan contoh pada pengusaha dan
perusahaan yang saudara pilih!
3. Jelaskan
tahapan pengembangan perusahaan! Berikan contoh pada pengusaha dan perusahaan
yang saudara pilih!
4. Jelaskan
Faktor-faktor penting dalam tahap pertumbuhan perusahaan! Berikan contoh pada
pengusaha dan perusahaan yang saudara pilih!
5. Jelaskan
strategi pengembangan usaha saudara
Jawaban
1. Perencanaan strategis adalah proses yang dilakukan suatu
orgaanisasi untuk menentukan strategi atau arahan, serta mengambil
keputusan untuk mengalokasikan sumber dayanya (termasuk modal dan sumber
daya manusia ) untuk mencapai strategi ini. Berbagai teknik analisa bisnis dapat
digunakan dalam proses ini, termasuk analisis SWOT (Strengths, Weaknesses,
Opportunities, Threats), PEST(Political, Economic, Social, Technological),
atau STEER (Socio-cultural, Technological, Economic, Ecological, Regulatory).
Untuk mencapai sebuah strategy yang telah ditetapkan
oleh organisasi dalam rangka mempunyai keunggulan kompetitif, maka para
pimpinan perusahaan, manajer operasi, haruslah bekerja dalam sebuah sistem yang
ada pada proses perencanaan strategis / strategic planning ( Brown , 2005 ).
Kemampuan manufaktur, harus dipergunakan secara tepat, sehingga dapat menjadi
sebuah senjata yang unggul dalam sebuah perencanaan stategi ( Skinner, 1969
).Untuk mencapai sebuah strategy yang telah ditetapkan oleh organisasi dalam
rangka mempunyai keunggulan kompetitif, maka para pimpinan perusahaan, manajer
operasi, haruslah bekerja dalam sebuah sistem yang ada pada proses perencanaan
strategis Brown , 2005 ). Kemampuan manufaktur, harus dipergunakan secara
tepat, sehingga dapat menjadi sebuah senjata yang unggul dalam sebuah
perencanaan stategi ( Skinner, 1969 ).
Perencanaan strategis secara eksplisit berhubungan
dengan manajemen perubahan, hal ini telah menjadi hasil penelitian beberapa
ahli (e.g., Ansoff, 1965; Anthony,1965; Lorange, 1980; Steiner, 1979). Lorange
(1980), menuliskan, bahwa strategic planning adalah kegiatan yang mencakup
serangkaian proses dari inovasi dan merubah perusahaan, sehingga apabila
strategic planning tidak mendukung inovasi dan perubahan, maka itu adalah
kegagalan
2. Misalkan
di widyatama, rektor bilang bahwa fakultas bisnis dan manajemen harus memiliki
akreditasi A. itu adalah rencana strategis. Lagu hal itu coba dijalankan secara
bertahap dari dekan, prodi dan senat mahsiswa. Seperti mulai sering ikut lomba
dan juara. Dengan seperti itu target untuk mendapat akreditasi A akan
terlaksana.
3. Pertama
CV, karena masih memulai, setelah mulai sukses dan dikenal, berubah menjadi PT.
agar memiliki kekuatan hokum yang lebih kuat jika ada sengketa. Lalu
berekspansi ke daerah lain untuk memperbanyak cabang dan pasar.
4.
-Profit = keuntungan perusahaan tentu yang utama
- Value perusahaan = nilai perusahaan di bidang
ekonomi harus tinggi, seperti nilai saham yang
tinggi.
- Citra= pencitraan
perusahaan dimasyarak
Tidak ada komentar:
Posting Komentar